Cari Blog Ini

Jumat, 26 Agustus 2011

Temporo Mandibular Joint Disorder part 2

beberapa hari kemudian, gw pergi ke dokter spesialis itu. dokter yang satu ini juga seorang perempuan (dokter gigi emang banyak cewenya yah) dan berumur sekitar 50 tahunan awal dan ramah banget. beliau adalah seorang dosen di UI (Universitas Indonesia) bagian dokter gigi (pasti yang baca ini reaksi, "Ya, iyalah!!" ya kan?? ya kan??). setelah menyerahkan surat rekomendasi dari dokter sebelumnya, gw diminta untuk menceritakan apa aja yang sudah terjadi di dokter sebelumnya. lalu, setelah ngecek2 sindrom-sindrom yang gw pernah alami dan hari itu juga gw divonis menderita STMJ!!!! (Tidaaaaakkkkk!!!)..........eh, salah, TMJ!!!! (Tidaaaakkkkkkk!!).

Omong-omong soal sindrom TMJ, ini sindrom2 kalo kamu kena TMJ (sumber:wiki):
  1. Biting or chewing difficulty or discomfort
  2. Clicking, popping, or grating sound when opening or closing the mouth
  3. Dull, aching pain in the face
  4. Earache (particularly in the morning)
  5. Headache (particularly in the morning)
  6. Hearing loss
  7. Migraine (particularly in the morning)
  8. Jaw pain or tenderness of the jaw
  9. Reduced ability to open or close the mouth
  10. Tinnitus
  11. Neck and shoulder pain
  12. Dizziness
Sindrom yang gw alami selama kena  TMJ itu no 1, 2, 7, dan 11
dan ini penyebab-penyebabnya (sumber: wiki):
  1. Bruxism (repetitive unconscious clenching or grinding of teeth, often at night).
  2. Trauma
  3. Malalignment of the occlusal surfaces of the teeth due to defective crowns or other restorative procedures.
  4. Jaw thrusting (causing unusual speech and chewing habits).
  5. Excessive gum chewing or nail biting.
  6. Size of food bites eaten.
  7. Degenerative joint disease, such as osteoarthritis or organic degeneration of the articular surfaces, recurrent fibrous and/or bony ankylosis, developmental abnormality, or pathologic lesions within the TMJ
  8. Myofascial pain dysfunction syndrome
  9. Lack of overbite
  10. dan tambahan dari dokternya Whiplash (cari aja yah di wiki artinya apa)--> ini yang paling gw sering liat yang orang lakukan sehari-hari dan ternyata sangat berbahaya karena juga dapat merusak susunan ruas belakang.
 Whiplash

TMJ gw disebabkan no 1,3,6, dan 10.

Untungnya, karena blom termasuk kasus yang parah (karena yang parah harus sampe dioperasi) gw hanya diharuskan menggunakan sebuah alat bantu yang harus gw emut-emut selama 24 x 4 bulan lebih.  Alat ini disebut sebagai Splints. Splints ini berguna untuk membantu gigi agar tidak terjadi clenching selama perawatan dilakukan. Beda dengan night guard, karena night guard, seperti namanya yang artinya pelindung malam, cuma dipake pas malam hari doang, dan bahannya juga berbeda.

 Splints

Waktu gw pake ini pas kuliah, gw selalu ditanya, "Apaan tuh di mulut lo dru??". Trus gw jawab," Splints, buat jaga gigi gw dari clenching.". abis itu pasti selalu keluar pertanyaan2 bodoh kayak," wow, kalo gitu sekarang boleh gw tinju2 nga dru??", atau, "itu rasanya apa ndru??" jawabannya "NGAAAKK!!......... DAN RASANYA KAYAK JIGONG ENGKONG2!!". -_-

Selain harus menggunakan splints, gw juga diharuskan melakukan fisioterapi sendiri (katanya sih senam2 rahang, emang SKJ!?). Lalu, karena penyebab nomor 3, gigi gw yang nga bener letaknya yaitu gigi geraham bungsu,  gw diharuskan melakukan operasi kecil pencabutan 2 gigi bungsu 2 hari yang lalu. Pas operasi emang ada rasa2 takut (apalagi pas dokternya ngomong," tolong ambil tang no 8, sus!" jantung gw udah kayak gendang takbiran) tapi ternyata nga ada rasanya (karena dibius sih). Setelah selesai, kemudian gusi gw 2-2nya dijahit (gw sekarang jadi ngerti perasaannya baju kalo dijahit. senasib kita bro). lalu sampai lah kita, 2 hari kemudian, gw menulis blog ini sehari setelah gw membuat blogger gw sendiri.
Proses Penjahitan Gusi Belakang

Semoga informasinya berguna buat kawan2. Gw berharap, dengan adanya info ini, dapat membantu kawan2 menyadari penyakit ini. nga cuma behel doang kok yang keren kalo dipake, splint juga keren!!! mari kita ciptakan komunitas dengan rahang yang sehat. and comment please, thanks.

17 komentar:

  1. Gw baru baca blog lo dru. hahahaha.. menarik2..
    gw jg ad syndrom itu tp gw ga apa2in tuh.. ga ad gejala klinis yg mengganggu sih slain mulut bunyi2.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silah kan cepet periksakan daripada malah semakin kronis.
      Konsultasikan saja dulu dg ahlinya. Prof. Laura. Beliau mmg spesialis rahang. Apa lagi yg bunyi2. Prof.laura prktek di Ciputra Medical Centre. Di lotte shopping avenue. Mega kuningan.

      Hapus
    2. Silah kan cepet periksakan daripada malah semakin kronis.
      Konsultasikan saja dulu dg ahlinya. Prof. Laura. Beliau mmg spesialis rahang. Apa lagi yg bunyi2. Prof.laura prktek di Ciputra Medical Centre. Di lotte shopping avenue. Mega kuningan.

      Hapus
  2. mas, abis pakai splintnya sembuh 100% gak?

    BalasHapus
  3. Hari ini aku pasang splints. Aneh. Clickingnya langsung hilang, tapi entah kenapa satu sisi yg tadinya nggak sakit jadi sakit, migren dan otot pundak kaku. Mudah-mudahan gak manjang. Yang jelas pas ngunyah and lepas splints, rahang sama gigitan gigi aku jadi kaya saling mencari.

    BalasHapus
  4. Bisa minta alamat dokter gigi tmj nya bro???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Klinik Prosthodontist Prof Laura S Himawan, Jl. Lombok 51, Jakarta Pusat. Semoga membantu.

      Hapus
  5. Kira" Anda Udah Sembuh 100% atau belum
    Dan Jga Wajah udah Kembali Simetris atau Masih Asimetris
    karena Q Udah Terkena TMJ ini sudah 8 bulanan..Awalnya Cuma Kiri tpi yg kanan jga ikutan 😭😭..Sedih banget q jadinya
    karena tidak sembuh" dan jga muka q jadi asimetris sekarang (miring ke kiri)
    kira" kalau udah sembuh butuh berapa lama terapinya
    karena q sangat perlu info lebih lanjut dari anda...karena kita sama penderita TMJ
    😭😭😭
    Dulu Q Sering Photo selfie..sekarang q udah tobat karena muka udah miring 😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat selesai terapi, saya merasa saya sudah sembuh 100%. Sayangnya sekarang rahang saya bermasalah lagi tetapi tidak separah yang dulu. Saat ini saya hanya menjalani senam rahang yang dulu diajarkan dokter saya (senam ini bisa ditemukan di internet).

      Pada waktu itu, saya butuh 3-4 bulan untuk sembuh karena harus ada gigi yang dicabut. Saya juga memiliki sedikit keasimetrisan tapi tidak banyak.

      Menurut saya tidak ada salahnya Anda ke dokter supaya Anda bisa mendapatkan diagnosis yang lengkap dan tepat. Saya doakan Anda cepat sembuh.

      Hapus
  6. mas..boleh minta kontaknya enggak..karena q mau tanya" ...
    gw jga akan menjalani operasi cabut gigi haris senen besok karena gigiku tumbuh ke samping yg bawah paling pojok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Lazim Kookie: silahkan DM aja lewat twitter saya aja di @andrewsugi yah.

      Hapus
    2. q gx punya akun twitter mas
      kLau bisa contackannya Lewat Fb / Whatapps / jga Bbm mas
      hanya itu yg q punya

      Hapus
  7. Seneng banget nemu ttg TMJ, jadi saya sering nyeri kepala dan pipi ( dull ache) 1 bulanan, telinga kanan kayak buntu dan panas, leher kaku rahang kaku suka bunyi klik juga tapi ga parah..2 tahun lalu lepas behel, sinus ga ada masalah Alhamdulillah udh ct scan juga. Apa kira2 ini TMJ juga ya? saya sudah ke dokter gigi dan disarankan mencabut geraham atas.. Sebaiknya ke dokter gigi bedah mulut atau ke dokter laura dulu ya? Makasih banyak infonya..

    BalasHapus
  8. Terima kasih kepada Ibujawa untuk sudah membaca artikel ini. Senang artikel ini masih bisa membantu orang-orang.

    Karena saya belum pernah ke dokter bedah mulut, saya tidak tahu apakah itu merupakan opsi yang lebih baik. Tapi menurut saya konsultasi ke dokter Laura terlebih dahulu merupakan langkah awal yang baik. Mungkin dokter Laura bisa memberikan solusi kepada Ibujawa yang tidak melibatkan tindakan bedah.

    BalasHapus
  9. Makasih mas.. Kalau boleh tau no telp nya dr Laura ya? Saya coba cari di internet gagal terus.. Mau bikin janjian dulu.. Tadi mau dm di twitter ga ada option buat kirim DM hehe

    BalasHapus
  10. Halo, boleh beritahu biaya berobat di prof. Laura berapa? Kisarannya saja tak apa, untuk bayangan saja. Boleh email saya Terimakasih..

    BalasHapus
  11. Halo kak, saya ingin bertanya apakah ada nomor klinik dari Prof Laura S. Himawan?

    BalasHapus