Cari Blog Ini

Jumat, 26 Agustus 2011

Temporo Mandibular Joint Disorder part 1

OK!  di blog in gw akan cerita, kenapa bisa sampai gigi gw ompong (berdasarkan blog sebelumnya) dan gw berharap, tulisan ini bisa menghapuskan rasa penasaran banyak orang tentang penyakit yang gw derita ini.

Gambar TMJ
Temporomandibular Joint Disorder atau sering disebut juga TMJ merupakan sebuah istilah bagi penyakit radang rahang kronik pada sendi temporomandibular yang terletak pada rahang kita masing2 yang tersambung pada mandible pada tengkorak. gw yakin yang baca blog gw sekarang ini pasti blom pernah mendengar istilah ini, apalagi yang jarang ke dokter gigi. Ini pengalaman bener! karena setiap kali gw kasih tahu temen gw kalo gw menderita penyakit ini, baru gw bilang, " gw kena TMJ, bro" jawabannya biasanya kalo nga, " HEEEHH!?", "APAAN NTUH!!??", "APA!?? STMJ!!?? (Susu telor madu jahe, minuman yang gw temuin cuma di bandung) sampe jawaban yang paling jelek," NGEEKK!??" (nga tau ini bahasa manusia apa bahasa kambing, tapi jelas gw denger ini dari manusia). Jadi sekarang, kalau orang tanya, "kenapa mulut lo, ndru??", gw cuma jawab,"rahang gw geser, bro" biar dapet rasa simpatiknya. Soalnya kalo nga, kasian temen gw ngomongnya pake bahasa alien kambing lagi.

Sadar nga sadar, sebenarnya banyak sekali orang terkena penyakit ini. Coba sekarang buka mulut ente gede-gede sebanyak 5x, lalu sambil membuka mulut, dengarkan...................apakah lo mendengar bunyi-bunyi keras dari arah sendi rahang lo sebanyak 3-5x?? ya berarti kamu itu kena TMJ!! cepat ke dokter gigi dan sembuhkan TMJ lo!

gw divonis mengidap penyakit ini kira-kira sekitar 2 bulan lalu, yaitu sekitar awal bulan Juni.  *uhuuhhuuuhu T_T
pada saat itu, awalnya gw cuma berniat untuk ngecek gigi gw doang yang udah setahun lebih nga dicek. waktu itu perginya bareng bokap gw yang kebetulan hari itu pengen ke dokter gigi untuk ngecek tambalan giginya.

lalu, setelah nunggu sekitar 30 menit gigi bokap gw dibor sana sini, tibalah giliran gw yang dicek. "Kamu kenapa giginya?", tanya si dokter. "Nga dok, cuma mau check-up aja."."Ow, ok, tolong dibuka mulutnya!" dan gw buka mulut (sambil malu-malu abis dokternya cewe dan masih muda *blushblush) dan pas saat itu, saat gw membuka rahang gw gede-gede kayak biasanya dengan bunyi, "KRAKK!!" dari rahang gw. tapi si dokter langsung panik. "EH,EH,EH,EH, TUTUP LAGI MULUTNYA!!" dan gw pun juga langsung panik dan bertanya, "Kenapa dok?", lalu si dokter gigi bertanya, "udah lama rahang kamu begitu?". "Iya dok. udah kira2 1 tahun lebih.". lalu gw diminta cerita tentang rahang gw. setelah bercerita, gw diminta untuk pergi ke dokter lain yang dia sarankan. katanya dokter ini adalah seorang profesor spesialis di bidang rahang sendi.

bersambung ke part 2......



Tidak ada komentar:

Posting Komentar